Kelak Kau Akan Kembali ke Titik Terlemahmu !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Kelak Kau Akan Kembali ke Titik Terlemahmu !

khazanahalquran.com – Allah Swt Berfirman :

وَمَن نُّعَمِّرۡهُ نُنَكِّسۡهُ فِي ٱلۡخَلۡقِۚ أَفَلَا يَعۡقِلُونَ

“Dan barangsiapa Kami panjangkan umurnya niscaya Kami kembalikan dia kepada awal penciptaan(nya). Tidakkah mereka berpikir ?” (QS.Ya-Sin:68)

Ayat yang mulia ini ingin mengarahkan kita kepada sebuah Sunnatullah di alam penciptaan manusia. Yaitu sebuah fenomena penting bahwa ketika manusia telah mencapai puncak kematangan dalam umurnya, maka ia akan kehilangan berbagai kemampuan yang telah ia miliki. Di umurnya yang mulai renta seseorang akan kembali lemah dan terus melemah seperti ia baru dilahirkan.

Maka pantaskah makhluk yang serba lemah ini berlaku sombong dan membusungkan dada, padahal apabila ia sedikit saja diberi umur panjang kepada Allah maka semua kekuatannya akan memudar dan ia menjadi seperti anak kecil lagi.

Semua kekuatan di alam ini akan memudar, semua kemampuan akan melemah, karena hanya kekuatan Allah Swt yang selalu abadi dan tidak pernah berkurang sedikit pun.

مَا عِندَكُمۡ يَنفَدُ وَمَا عِندَ ٱللَّهِ بَاقٖ

“Apa yang ada di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal.” (QS.An-Nahl:96)

Dalam ayat lain Allah Swt Berfirman :

كُلُّ شَيۡءٍ هَالِكٌ إِلَّا وَجۡهَهُۥۚ لَهُ ٱلۡحُكۡمُ وَإِلَيۡهِ تُرۡجَعُونَ

“Segala sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Segala keputusan menjadi wewenang-Nya, dan hanya kepada-Nya kamu dikembalikan.” (QS.Al-Qashash:88)

Kemudian ayat di atas di tutup dengan sebuah pertanyaan, أَفَلَا يَعۡقِلُونَ ( Tidakkah mereka tidak berpikir ? )

Sebuah pertanyaan yang mengguncang pikiran siapapun yang membacanya. Seakan Allah Swt ingin menegaskan bahwa semua kemampuan dan kekuatan yang kau miliki adalah pemberian. Maka suatu saat pemberian itu akan mudah sekali di ambil dalam sekejap.

Ingatlah selalu bahwa di atas kalian ada kekuatan yang abadi dan tak tertandingi. Kekuatan yang berkuasa atas segala sesuatu. Maka hubungkan dirimu dengan Yang Maha Kuat dan sadari bahwa engkau tak memiliki kemampuan apapun kecuali atas pemberian-Nya.

Dan jangan lupa untuk memperbanyak bekal di dunia ini khususnya di masa muda sebelum datangnya masa tua. Sebagaimana Rasulullah Saw pernah mewasiatkan untuk kita memanfaatkan 5 perkara sebelum datangnya 5 perkara dan salah satunya adalah :

شَبَابَكَ قَبلَ هَرَمِكَ

“Masa mudamu sebelum datang masa tuamu.”

Dalam kesempatan lain Sayyidina Ali bin Abi tholib pernah berpesan :

عَجِبتُ لِمَن يَرَى أَنَّهُ ينقص كُلّ يومٍ في نَفسِه وعُمرِه وهُو لَا يَتأهب لِلمَوت

“Aku heran dengan seseorang yang melihat bahwa dirinya dan umurnya berkurang setiap hari namun dia tidak mempersiapkan diri untuk kematian.”

Semoga bermanfaat..

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Comments 1

  1. abu qurba says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Aktivitas yang sanngat bagus semacam ini bukan hanya harus ditingkatkan, bahkan harus diperbanyak dengan berbagai model dan cara agar sampai ke telinga masyarakat kita.
    Saya izin share atau merekamnya dengan suara.
    Wassalamu’alaikum wr wb.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 212 pelanggan lain