Ketika Rasulullah saw Mengadukan Umatnya Kepada Allah swt

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Ketika Rasulullah saw Mengadukan Umatnya Kepada Allah swt

khazanahalquran.com – Dosa dan pelanggaran yang dilakukan umat ini sangat banyak dan beragam. Mulai dari dosa-dosa yang tersembunyi dalam hati hingga berbagai fitnah dan pertumpahan darah serta maksiat-maksiat keji lainnya. Namun Al-Qur’an menceritakan bahwa Rasulullah saw hanya mengadukan satu hal kepada Allah swt tentang umatnya?

Apa yang Rasulullah saw adukan kepada Allah?

Yang diadukan oleh Rasulullah saw tentang umatnya bukanlah dosa ghibah, bukan zina dan bukan maksiat lainnya. Namun Rasulullah saw mengadukan umat yang meninggalkan Al-Qur’an.

Mengapa Rasulullah saw “hanya” mengadukan hal ini?

Jawabannya adalah karena Al-Qur’an adalah pondasi dari setiap perbuatan manusia. Setiap bangunan harus dibangun dengan pondasi, tanpa pondasi maka sebuah bangunan akan mudah runtuh.

Karena Al-Qur’an adalah cahaya, maka siapa yang meninggalkannya akan hidup dalam kegelapan.

Karena Al-Qur’an adalah rahmat maka siapa yang meninggalkannya akan menjadi binatang buas yang menerkam segala sesuatu. Akan meninggalkan kemanuasiaan dan rahmat kepada yang lain.

Karena Al-Qur’an adalah petunjuk, maka siapa yang meninggalkannya pasti akan tersesat dan kebingungan dan akhirnya menjadi teman akrab setan yang akan menjerumuskannya.

Karena Al-Qur’an adalah obat, maka siapa yang meninggalkannya akan terjangkit berbagai penyakit khususnya penyakit hati.

Maka tak heran bila Rasulullah saw mengadu kepada Allah swt saat umat ini meninggalkan Al-Qur’an. Karena apabila umat ini mengikuti Al-Qur’an, maka umat ini akan menjadi umat yang paling maju dan paling beradab. Dan tanpa Al-Qur’an seorang muslim tidak memiliki nilai.

Maka jangan pernah meninggalkan Al-Qur’an karena semua kemunduran yang dirasakan ditengah umat Islam ini adalah karena mereka jauh dari Al-Qur’an.

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 209 pelanggan lain