Mauidhoh dalam Al-Qur’an

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Mauidhoh dalam Al-Qur’an

khazanahalquran.com – Allah Swt menurunkan Al-Qur’an kedalam hati Baginda Nabi Saw dan menyematkan bermacam sifat mulia kepada kitab suci ini.

Salah satu sifat yang diberikan oleh Allah kepada Al-Qur’an adalah sebagai Mauidhoh (pelajaran).

Allah Swt berfirman :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ قَدۡ جَآءَتۡكُم مَّوۡعِظَةٞ مِّن رَّبِّكُمۡ وَشِفَآءٞ لِّمَا فِي ٱلصُّدُورِ وَهُدٗى وَرَحۡمَةٞ لِّلۡمُؤۡمِنِينَ

“Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur’an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.” (QS.Yunus:57)

Allah Swt menciptakan manusia dan membimbing mereka menuju jalan kebenaran dan kebaikan. Para Nabi pun diutus untuk mengingatkan dan memberi petunjuk kepada sebaik-baik jalan. Al-Qur’an juga memiliki tugas sebagai kitab petunjuk dan pelajaran yang akan menyelamatkan manusia dari jurang kebodohan dan kesesatan.

ذَٰلِكُمۡ يُوعَظُ بِهِۦ مَن كَانَ يُؤۡمِنُ بِٱللَّهِ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأٓخِرِۚ

“Demikianlah pengajaran itu diberikan bagi orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. (QS.Ath-Thalaq:2)

Siapa yang berbuat baik, maka kebaikannya untuk dirinya sendiri. Dan siapa yang berbuat buruk, maka keburukan itu pasti akan kembali kepada dirinya pula. Karena Allah telah menjanjikam beragam kemuliaan di dunia dan akhirat bagi orang-orang Sholeh dan adzab serta kerugian bagi orang-orang durjana.

Umat ini juga mendapat gelar umat terbaik ketika mereka saling mengingatkan dan saling menjalankan amar ma’ruf dan nahi munkar.

Maka setiap manusia hendaknya menyadari perannya dalam kehidupan ini. Dan hendaknya ia memiliki alarm dalam jiwanya untuk menegur dirinya sendiri ketika berbuat kesalahan.

Karena sebenarnya alarm itu telah tertanam dalam diri kita, namun seringkali kita sendiri yang mengabaikannya. Maka dengarkan jiwamu yang selalu menegur ketika kau berbuat salah. Karena ketika engkau mendengarkan teguran dari hatimu, maka itu akan menambah dan menguatkan imanmu.

وَلَوۡ أَنَّهُمۡ فَعَلُواْ مَا يُوعَظُونَ بِهِۦ لَكَانَ خَيۡرٗا لَّهُمۡ وَأَشَدَّ تَثۡبِيتٗا

“Dan sekiranya mereka benar-benar melaksanakan perintah yang diberikan, niscaya itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan (iman mereka).” (QS.An-Nisa’:66)

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 209 pelanggan lain