Merendahkan dan Mencemooh Orang Lain

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Merendahkan dan Mencemooh Orang Lain

khazanahalquran.com – Allah Swt menciptakan manusia dan memuliakannya, seperti dalam Firman-Nya :

وَلَقَدۡ كَرَّمۡنَا بَنِيٓ ءَادَمَ

“Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak cucu Adam.” (QS.Al-Isra’:70)

Dan seluruh manusia memiliki rasa bangga akan kemuliaan yang diberikan Allah diantara seluruh makhluk lainnya dan mereka akan merasa terusik apabila dilecehkan dan direndahkan kemuliaannya.

Karenanya, Allah Swt sangat melarang untuk merendahkan orang lain dan menghinakannya. Allah Swt berfirman :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا يَسۡخَرۡ قَوۡمٞ مِّن قَوۡمٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُونُواْ خَيۡرٗا مِّنۡهُمۡ وَلَا نِسَآءٞ مِّن نِّسَآءٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُنَّ خَيۡرٗا مِّنۡهُنَّۖ وَلَا تَلۡمِزُوٓاْ أَنفُسَكُمۡ وَلَا تَنَابَزُواْ بِٱلۡأَلۡقَٰبِۖ بِئۡسَ ٱلِٱسۡمُ ٱلۡفُسُوقُ بَعۡدَ ٱلۡإِيمَٰنِۚ وَمَن لَّمۡ يَتُبۡ فَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلظَّٰلِمُونَ

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olokkan) perempuan lain (karena) boleh jadi perempuan (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela satu sama lain dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barangsiapa tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim. (QS.Al-Hujurat:11)

Dengan kata lain, Allah ingin menegaskan bahwa janganlah kalian saling merendahkan dan saling melecehkan, karena bisa saja mereka yang direndahkan sebenarnya jauh lebih mulia daripada kalian.

Sikap merendahkan muncul dari rasa congkak dan sombong dari dalam hati manusia. Ia merasa mulia sehingga layak merendahkan selainnya. Dan sikap merendahkan ini akan membawa seseorang kedalam perbuatan yang lebih keji yaitu mencaci dan mencemooh.

Cacian akan menanamkan dendam dalam hati manusia dan pada akhirnya akan terjadi perpecahan di antara kaum muslimin dan hilangnya kasih sayang dan semua itu dimulai dari sikap merendahkan !

Salah satu bentuk yang lain dari merendahkan adalah dengan memberi gelar yang tidak baik kepada saudara kita, mungkin gelar itu disematkan karena ada aib dari orang tersebut yang akhirnya diabadikan dengan sebuah gelar. Hal ini sangat diharamkan oleh Islam, Allah Swt berfirman :

وَيۡلٞ لِّكُلِّ هُمَزَةٖ لُّمَزَةٍ

“Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela.” (QS.Al-Humazah:1)

Bahkan Al-Qur’an melarang kita untuk merendahkan orang lain walau hanya dengan roman wajah, bukan hanya dengan ucapan saja. Apalagi jika orang tersebut sedang tertimpa musibah lalu kita merasa senang dengannya. Naudzubillah min dzalik.

Rasulullah Saw bersabda :

“Jangan menampakkan romah wajah yang tidak pantas kepada saudaramu (yang tertimpa musibah). Maka Allah akan merahmatinya dan akan mengujimu.”

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 209 pelanggan lain