Orang Berilmu Pasti Memiliki Pandangan yang Berbeda !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Orang Berilmu Pasti Memiliki Pandangan yang Berbeda !

khazanahalquran.com – Seringkali kita mengangkat kisah Qorun, si konglomerat sombong yang diabadikan dalam Al-Qur’an. Kisah ini tak hanya memberikan satu pelajaran, tapi memberi begitu banyak pelajaran dari berbagai sisinya.

Kali ini kita tidak akan membahas pribadi Qorun. Namun kita akan membahas respon masyarakat dihadapan kekayaan dan kesombongan Qorun.

Sebelumnya kita telah membahas tipe pertama yang terpukau dengan kemegahan Qarun dan berangan-angan ingin menjadi sepertinya.

قَالَ الَّذِينَ يُرِيدُونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا يَا لَيْتَ لَنَا مِثْلَ مَا أُوتِيَ قَارُونُ إِنَّهُ لَذُو حَظٍّ عَظِيمٍ

Orang-orang yang menginginkan kehidupan dunia berkata, “Mudah-mudahan kita mempunyai harta kekayaan seperti apa yang telah diberikan kepada Karun, sesungguhnya dia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar.” (QS.Al-Qashash:79)

Dan sekarang kita akan fokus pada tipe yang kedua, seperti dalam firman-Nya,

وَقَالَ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَيْلَكُمْ ثَوَابُ اللَّهِ خَيْرٌ لِمَنْ آمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا وَلَا يُلَقَّاهَا إِلَّا الصَّابِرُونَ

Tetapi orang-orang yang dianugerahi ilmu berkata, “Celakalah kamu! Ketahuilah, pahala Allah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, dan (pahala yang besar) itu hanya diperoleh oleh orang-orang yang sabar.” (QS.Al-Qashash:80)

Tipe kedua adalah orang-orang yang diberi “ilmu” oleh Allah dan diberi pancaran cahaya petunjuk dari-Nya.

Anugerah yang Allah berikan ini jauh lebih besar dari gudang kekayaan yang berada ditangan Qorun. Sebuah anugerah Ilahi yaitu ilmu tentang Ma’rifatullah, mengenal kehidupan akhirat dan ilmu tentang jalan menuju kebahagiaan.

Allah memberi ilmu kepada mereka untuk dapat melihat hakikat asli dari Qorun dan kekayaan yang ia miliki.

Sementara Qorun tidak memiliki ilmu ini. Ia menjauh dari rahmat Allah dan pasti akan memperoleh kerugian di akhirat. Dan inilah kerugian yang terbesar.

Memang tak mudah menghadapi ujian demi ujian ini. Karena Qorun dengan semua kekayaannya bagaikan kemilau dunia yang menyilaukan mata dan menggoyahkan hati. Karena itulah di akhir ayat diatas Allah menjanjikan pahala yang besar bagi mereka yang mampu bersabar dalam menghapai ujian ini.

Semoga bermanfaat..

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 209 pelanggan lain