Orang Yang Dalam Hidayah Pasti Peduli dengan Orang Lain

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Orang Yang Dalam Hidayah Pasti Peduli dengan Orang Lain

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا عَلَيْكُمْ أَنْفُسَكُمْ ۖ لَا يَضُرُّكُمْ مَنْ ضَلَّ إِذَا اهْتَدَيْتُمْ

“Wahai orang-orang yang beriman! Jagalah dirimu; (karena) orang yang sesat itu tidak akan membahayakanmu apabila kamu telah mendapat petunjuk.” (QS.Al-Ma’idah:105)

Sebagian orang menganggap ayat ini sedang memerintahkan manusia untuk menyelamatkan dirinya masing-masing tanpa memperdulikan nasib orang lain. Seakan-akan ayat ini ingin menafikan kewajiban amar ma’ruf dan nahi munkar.

Tentunya kita harus jeli dalam memperhatikan ayat dan tidak gampang menafsirkan. Jika kita perhatikan, didalam ayat ini ada satu kalimat yang bisa menjawab keraguan diatas. Pada akhir petikan ayat diatas disebutkan :

إِذَا اهْتَدَيْتُمْ

“Apabila kamu telah mendapat petunjuk..”

Kalimat ini menjawab keraguan diatas karena tidak mungkin seseorang mendapatkan hidayah bila ia tidak melakukan amar ma’ruf dan nahi munkar.

Bagaimana seseorang dikatakan mendapat hidayah disaat ia menutup mata dari kondisi sekitarnya? Menutup telinga dari nasib saudaranya? Dan acuh tak acuh terhadap situasi masyarakat disekitarnya?

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 209 pelanggan lain