Pesan Persatuan dari Surat Al-Fatihah

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Pesan Persatuan dari Surat Al-Fatihah

khazanahalquran.com – Surat Al-Fatihah adalah surat yang wajib kita baca setiap hari. Minimal kita wajib membacanya dalam solat-solat kita. Namun sadarkah kita bahwa surat ini menyimpan berbagai sisi yang menarik dan pelajaran yang sangat berharga?

Kali ini kita akan merenungkan satu pelajaran luar biasa dari susunan kata dalam Surat Al-Fatihah.

Sadarkah kita bahwa dalam Surat ini kita selalu menggunakan dzamir nahnu, yang memiliki makna (kami)?

Kita akan temukan kata نَعبُدُ (kami memyembah), نَستَعِين (kami memohon pertolongan) dan إِهدِنَا (berilah kami petunjuk), semuanya menggunakan kata ganti “kami”.

Banyak dari kita belum menyadari bahwa penggunaan kalimat-kalimat ini adalah pesan-pesan penting yang ingin disampaikan oleh Al-Qur’an untuk kaum muslimin. Salah satunya penggunaan kata ganti “kami” dalam Al-Qur’an ingin mengajarkan pentingnya menjaga persatuan dan merajut persaudaraan dalam satu soff bersama kaum muslimin.

Surat ini diulang setiap hari, bahkan berkali-kali namun kita belum sadar tentang pesan persatuan di dalamnya.

Sementara khusus pada kalimat إِهدِنَا (berilah kami petunjuk) adalah pelajaran penting dari Allah untuk mendoakan semua saudara kita dan mengharapkan kebaikan untuk semuanya.

Wajah indah Islam dapat kita saksikan dari pelajaran-pelajaran singkat dari Al-Qur’an semacam ini. Lalu sudahkah kita mulai menjaga persatuan dan menjaga persaudaraan diantara kaum muslimin?

Bila kita masih sibuk mencaci dan berpecah belah maka sungguh Al-Fatihah yang setiap hari kita baca baru hanya sekedar bacaan belaka, belum kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 210 pelanggan lain