Satu Bulan Bersama Al-Qur’an (Hari – 2)

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Satu Bulan Bersama Al-Qur’an (Hari – 2)

khazanahalquran.com – Allah swt Berfirman :

وَلَا تَقۡفُ مَا لَيۡسَ لَكَ بِهِۦ عِلۡمٌۚ إِنَّ ٱلسَّمۡعَ وَٱلۡبَصَرَ وَٱلۡفُؤَادَ كُلُّ أُوْلَٰٓئِكَ كَانَ عَنۡهُ مَسۡـُٔولٗا

“Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya.” (QS.Al-Isra’:36)

Ayat ini singkat namun bila direnungkan akan membawa efek yang mendalam. Ayat ini singkat, namun apabila kita menjadikannya sebagai pegangan hidup maka banyak sekali masalah yang akan terselesaikan. Ayat ini singkat, namun apabila kita jadikan ayat ini sebagai dasar dari setiap langkah yang kita pilih, maka kita akan semakin dekat dengan ketenangan dan kebahagiaan.

Dengan ayat ini seluruh kehidupan kita akan berubah. Bagaimana tidak?
Dengan mengikuti ayat ini kita tidak akan berbicara tentang sesuatu yang tidak kita pahami. Kita tidak akan mengikuti ajakan, pendapat atau informasi apapun yang belum kita pastikan kebenarannya.

Kita akan selalu merasa bahwa semua yang kita dengar, semua yang kita lihat, semua yang kita ucapkan akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah swt.

Kita akan selalu merasa bahwa semua yang kita pikirkan dan semua yang direncanakan akan di mintai pertanggung jawaban oleh Allah swt. Karena Dia Maha Mengetahui apa yang terlintas dalam hati manusia.

Bukankah Allah swt Berfirman :

إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمُۢ بِذَاتِ ٱلصُّدُورِ

“Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala isi hati.” (QS.Ali ‘Imran:119)

Apabila ayat-ayat ini kita jadikan sebagai pedoman yang selalu kita ingat dan selalu terbayang di hadapan mata, maka ayat ini akan menjadi cambuk yang menyadarkan kita setiap kali ada keinginan atau rencana untuk berbuat keburukan.

Ayat ini akan menggugahmu ketika engkau ingin melihat yang tidak indah, mendengar sesuatu yang tidak indah atau memikirkan hal-hal yang tidak di sukai oleh Allah swt. Khususnya ketika dalam kesendirian, disaat tiada satupun mata yang memandang, ingatlah bahwa setiap yang dilihat, didengar ataupun yang dipikirkan semuanya akan di mintai pertanggung jawaban oleh Allah swt.

Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 212 pelanggan lain