Satu Bulan Bersama Al-Qur’an (Hari – 3)

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Satu Bulan Bersama Al-Qur’an (Hari – 3)

khazanahalquran.com – Allah swt Berfirman :

وَأَنفِقُواْ مِن مَّا رَزَقۡنَٰكُم مِّن قَبۡلِ أَن يَأۡتِيَ أَحَدَكُمُ ٱلۡمَوۡتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوۡلَآ أَخَّرۡتَنِيٓ إِلَىٰٓ أَجَلٖ قَرِيبٖ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُن مِّنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang shalih.” (QS.Al-Munafiqun:10)

Renungan kita kali ini adalah mengenal agungnya sedekah di sisi Allah swt. Sehingga dalam ayat ini Allah swt menceritakan seseorang yang dalam keadaan sekarat dan mulai melihat alam lain, ia memohon di beri kesempatan lagi untuk melanjutkan hidup karena ia ingin “bersedekah”.

Ayat ini sangat mengherankan. Orang itu ingin di beri kesempatan untuk hidup beberapa waktu lagi karena ia ingin bersedekah. Ada apa dengan sedekah? Kenapa ia tidak berkata “Aku ingin Solat. Aku ingin Puasa. Aku ingin Haji atau Umrah.” ?

Mengapa ia tidak memohon karena ia ingin membaca Al-Qur’an? Ingin berbakti kepada orang tua? Atau ingin melakukan amal sholeh lainnya. Namun ia justru memohon dengan sangat agar Allah mengundurkan ajalnya karena ia ingin Bersedekah. Dan di akhiri dengan harapan bahwa ia ingin menjadi orang yang sholeh.

Dari ayat ini kita kan melihat begitu agungnya arti sedekah di mata Islam. Dalam beberapa riwayat yang sering kita baca, sedekah memiliki beberapa keajaiban berikut ini :

1. Sedekah akan menjauhkan seseorang dari akhir kehidupan yang Su’ul Khotimah.

2. Sedekah akan mengikir kemiskinan dan menambah umur.

3. Sedekah adalah obat bagi yang sakit.

4. Sedekah adalah penolak bala’.

5. Sedekah memancing rezeki.

6. Sedekah menghilangkan rasa sedih dan akan menyelamatkan seseorang dari binatang buas.

7. Dengan bersedekah dosa seseorang akan di ampuni.

8. Setiap mukmin akan berlindung dengan naungan sedekahnya di Hari Kiamat, disaat tidak ada lagi tempat berlindung.

9. Sedekah menyelamatkan seseorang dari api neraka.

10. Sedekah 70 kali lebih mulia dari Haji yang selain haji wajib.

Begitu dahsyatnya pengaruh sedekah bagi kehidupan seseorang di dunia hingga kehidupannya di akhirat. Maka tak heran bila seseorang yang ajalnya telah tiba memohon kepada Allah untuk di undur ajalnya karena ia ingin memperbanyak sedekah.

Manfaatkan waktu kita yang tersisa ini dengan sebaik mungkin. Khususnya di bulan Ramadhan keutamaan sedekah menjadi berlipat ganda.

Ingatlah bahwa sesuatu yang ada di tangan kita belum tentu menjadi milik kita. Namun sesuatu yang kita sedekahkan akan kekal selamanya.

Bila kita mencintai harta kita, maka jangan mau untuk berpisah dengannya. Dan satu-satunya cara agar kita tidak kehilangan harta itu selamanya adalah dengan bersedekah, maka hartamu akan menemanimu selamanya !

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 209 pelanggan lain