Segala Kekacauan Terjadi Karena Umat Meninggalkan Rasulullah saw

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Segala Kekacauan Terjadi Karena Umat Meninggalkan Rasulullah saw

khazanahalquran.com – Allah swt mengutus Nabi Muhammad saw agar manusia mau mendengar seruannya, kemudian menaati semua ketentuan, perintah dan larangan beliau.

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ رَسُولٍ إِلَّا لِيُطَاعَ بِإِذْنِ اللَّهِ

“Dan Kami tidak mengutus seorang rasul melainkan untuk ditaati dengan izin Allah.” (QS.An-Nisa’:64)

Maka tidak ada celah sedikit pun bagi manusia untuk menawar atau mempertanyakan ketentuan dari Rasulullah saw. Tugas umat ini hanyalah satu yaitu pasrah dihadapan ketentuan Nabi dan berkata, Sami’na wa Atho’na (Kami mendengar dan kami taat).

Karena andai umat ini menaati ketentuan Nabi, maka Allah akan memperbaiki semua masalah dan kondisi mereka.

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَآمَنُوا بِمَا نُزِّلَ عَلَىٰ مُحَمَّدٍ وَهُوَ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ ۙ كَفَّرَ عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ وَأَصْلَحَ بَالَهُمْ

“Dan orang-orang yang beriman (kepada Allah) dan mengerjakan kebajikan serta beriman kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad; dan itulah kebenaran dari Tuhan mereka; Allah menghapus kesalahan-kesalahan mereka, dan memperbaiki keadaan mereka.” (QS.Muhammad:2)

Apabila umat ini taat sepenuhnya kepada Nabi Muhammad saw, maka Allah akan memberi petunjuk dan taufik bagi mereka kepada seluruh kebaikan dan keberkahan hidup.

قُلْ أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ ۖ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّمَا عَلَيْهِ مَا حُمِّلَ وَعَلَيْكُمْ مَا حُمِّلْتُمْ ۖ وَإِنْ تُطِيعُوهُ تَهْتَدُوا ۚ وَمَا عَلَى الرَّسُولِ إِلَّا الْبَلَاغُ الْمُبِينُ

Katakanlah, “Taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul; jika kamu berpaling, maka sesungguhnya kewajiban Rasul (Muhammad) itu hanyalah apa yang dibebankan kepadanya, dan kewajiban kamu hanyalah apa yang dibebankan kepadamu. Jika kamu taat kepadanya, niscaya kamu mendapat petunjuk. Kewajiban Rasul hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan jelas.” (QS.An-Nur:54)

Maka tidak diragukan lagi bahwa sebab terbesar dari kekacauan dan fitnah yang terjadi dalam tubuh kaum muslimin hari ini adalah karena mereka seringkali berlawanan dengan apa yang diajarkan oleh Baginda Nabi saw.

Allah swt berfirman,

فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَنْ تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

“Maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah Rasul-Nya takut akan mendapat cobaan atau ditimpa azab yang pedih.” (QS.An-Nur:63)

Ayat ini adalah sebuah ancaman bagi mereka yang menyalahi ketentuan Rasulullah saw. Sebuah peringatan yang tegas bahwa apabila umat ini menyalahi ketentuan, syariat dan risalah yang dibawa oleh Rasulullah saw maka bersiaplah untuk terjebak dalam fitnah dan kekacauan yang dahsyat.

Coba kita cermati apa yang terjadi pada dunia Islam hari ini. Pertumpahan darah, perang saudara, konflik politik dan semua kekacauan ini disebabkan karena mereka telah begitu jauh dengan ajaran Nabi yang sebenarnya. Walaupun mereka menggunakan simbol Islam sebagai dalil perbuatan mereka.

Dan apa yang terjadi di peperangan Uhud ketika para pasukan memanah melanggar apa yang diperintahkan Nabi, adalah bukti yang paling kuat bahwa melanggar ketentuan Nabi akan menghasilkan kekacauan.

Semoga bermanfaat ..

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 209 pelanggan lain