Semua yang Kau Dapatkan Bermula dari Rahmat dan Kasih Sayang-Nya !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Semua yang Kau Dapatkan Bermula dari Rahmat dan Kasih Sayang-Nya !

khazanahalquran.com – Semua nikmat, kesuksesan dan keselamatan yang kita raih adalah berkat rahmat dan kasih sayang Allah swt. Jangan pernah kita menganggap semua ini berkat usaha kita sendiri. Atau kita menganggap kenikmatan ini adalah hasil dari solat kita, sedekah atau kebaikan-kebaikan yang kita lakukan selama ini.

Ya, mungkin saja kenikmatan yang kita dapatkan atau terhindarnya kita dari musibah adalah balasan dari kebaikan dan usaha yang kita lakukan, tapi tetap sebab utamanya adalah rahmat dan kasih sayang-Nya.

Pelajaran ini kita kutip dari ayat-ayat yang menceritakan tentang selamatnya para nabi dan pengikut mereka dari adzab Allah adalah semata karena rahmat-Nya.

وَلَمَّا جَاءَ أَمْرُنَا نَجَّيْنَا هُودًا وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ بِرَحْمَةٍ مِنَّا وَنَجَّيْنَاهُمْ مِنْ عَذَابٍ غَلِيظٍ

“Dan ketika azab Kami datang, Kami selamatkan Hud dan orang-orang yang beriman bersama dia dengan rahmat Kami. Kami selamatkan (pula) mereka (di akhirat) dari azab yang berat.” (QS.Hud:58)

فَلَمَّا جَاءَ أَمْرُنَا نَجَّيْنَا صَالِحًا وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ بِرَحْمَةٍ مِنَّا وَمِنْ خِزْيِ يَوْمِئِذٍ ۗ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ الْقَوِيُّ الْعَزِيزُ

“Maka ketika keputusan Kami datang, Kami selamatkan Shalih dan orang-orang yang beriman bersamanya dengan rahmat Kami dan (Kami selamatkan) dari kehinaan pada hari itu. Sungguh, Tuhanmu, Dia Mahakuat, Mahaperkasa.” (QS.Hud:66)

وَلَمَّا جَاءَ أَمْرُنَا نَجَّيْنَا شُعَيْبًا وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ بِرَحْمَةٍ مِنَّا وَأَخَذَتِ الَّذِينَ ظَلَمُوا الصَّيْحَةُ فَأَصْبَحُوا فِي دِيَارِهِمْ جَاثِمِينَ

“Maka ketika keputusan Kami datang, Kami selamatkan Syuaib dan orang-orang yang beriman bersamanya dengan rahmat Kami. Sedang orang yang zhalim dibinasakan oleh suara yang mengguntur, sehingga mereka mati bergelimpangan di rumahnya.” (QS.Hud:94)

Dan puncaknya, kesantunan dan sifat lemah lembut nabi kepada umatnya juga karena rahmat Allah swt.

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ

“Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu.”
(QS.Ali ‘Imran:159)

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 208 pelanggan lain