Siapakah Orang-Orang Dungu itu ?

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Siapakah Orang-Orang Dungu itu ?

khazanahalquran.com – Allah Swt berfirman :

سَيَقُولُ ٱلسُّفَهَآءُ مِنَ ٱلنَّاسِ مَا وَلَّىٰهُمۡ عَن قِبۡلَتِهِمُ ٱلَّتِي كَانُواْ عَلَيۡهَاۚ

Orang-orang yang kurang akal di antara manusia akan berkata, “Apakah yang memalingkan mereka (Muslim) dari kiblat yang dahulu mereka (berkiblat) kepadanya?” (QS.Al-Baqarah:142)

Al-Qur’an menyebut bahwa setiap orang yang menentang syariat Allah, sejatinya mereka adalah orang-orang dungu. Kedunguan mereka telah mencapai puncaknya dan akal mereka seakan diliburkan sehingga Allah swt menyebut mereka “Safih” (orang dungu), sebagaimana dalam ayat lain Allah Berfirman :

وَمَن يَرۡغَبُ عَن مِّلَّةِ إِبۡرَٰهِـۧمَ إِلَّا مَن سَفِهَ نَفۡسَهُۥۚ

“Dan orang yang membenci agama Ibrahim, hanyalah orang yang memperbodoh dirinya sendiri.” (QS.Al-Baqarah:130)

Maka bagi mereka yang sedang menyampaikan kebenaran dan memperjuangkan kebenaran, bersiaplah untuk menghadapi orang-orang semacam ini dalam perjuangan kalian. Mulai dari syubhah yang mereka lontarkan, pemikiran-pemikiran yang mereka kemukakan bahkan sindiran serta pelecehan yang akan selalu mereka lemparkan. Dan sebaik-baik sikap kita dalam menghadapi mereka adalah seperti yang di ajarkan oleh Allah Swt dalam Firman-Nya :

وَعِبَادُ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلَّذِينَ يَمۡشُونَ عَلَى ٱلۡأَرۡضِ هَوۡنٗا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ ٱلۡجَٰهِلُونَ قَالُواْ سَلَٰمٗا

Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “salam,” (QS.Al-Furqan:63)

Mereka mempertontonkan kedunguan dengan menentang aturan Allah dan kita mempertontonkan kecerdasan dengan akhlak yang diajarkan oleh Allah melalui Baginda Nabi Saw.

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 210 pelanggan lain