Sisi Dakwah dan Sosial dalam Surat Al-Insan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Sisi Dakwah dan Sosial dalam Surat Al-Insan

khazanahalquran.com – Kali ini kita akan belajar beberapa poin indah dari Surat Al-Insan tentang dakwah dan sosial, yaitu :

1. Dalam berdakwah seseorang harus konsisten dan terus bergerak. Jangan hiraukan para pendosa dan orang-orang kafir yang ingin mengalihkanmu dari tujuanmu. Jangan hiraukan tawaran-tawaran mereka seperti harta, kedudukan dan sebagainya agar engkau meninggalkan kebenaran.

Karena itu pesan dari Al-Qur’an untuk menguatkan Nabi dan orang-orang mukmin tercantum dalam firman-Nya :

فَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ وَلَا تُطِعْ مِنْهُمْ آثِمًا أَوْ كَفُورًا

“Maka bersabarlah kamu untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antar mereka.” (QS.al-Insan:24)

2. Al-Qur’an adalah wahyu dari Allah. Dan kitab ini adalah manhaj terbaik yang Allah turunkan di muka bumi ini, maka berpeganglah dengannya !

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْآنَ تَنْزِيلًا

Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Quran kepadamu (hai Muhammad) dengan berangsur-angsur. (QS.al-Insan:23)

3. Mengingat Allah dan bertahajjud di malam hari adalah bekal terbaik yang akan membantumu di jalan dakwah.

وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ بُكْرَةً وَأَصِيلًا وَمِنَ اللَّيْلِ فَاسْجُدْ لَهُ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا

Dan sebutlah nama Tuhanmu pada (waktu) pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang dimalam hari. (QS.al-Insan:25-26)

4. Manusia yang lalai selalu mengutamakan dunia di atas akhirat. Maka mereka tenggelam dalam kenikmatan dunia dan lupa dengan sesuatu yang menanti mereka kelak di hari kiamat.

إِنَّ هَٰؤُلَاءِ يُحِبُّونَ الْعَاجِلَةَ وَيَذَرُونَ وَرَاءَهُمْ يَوْمًا ثَقِيلًا

Sesungguhnya mereka (orang kafir) menyukai kehidupan dunia dan mereka tidak memperdulikan kesudahan mereka, pada hari yang berat (hari akhirat). (QS.al-Insan:27)

5. Allah adalah Sang Pencipta seluruh makhluk. Dia lah yang berhak menentukan segalanya. Dan Allah Swt sangat mampu untuk mengganti sebuah generasi dengan generasi yang baru apabila kita menjadi para perusak bumi ini.

نَحْنُ خَلَقْنَاهُمْ وَشَدَدْنَا أَسْرَهُمْ ۖ وَإِذَا شِئْنَا بَدَّلْنَا أَمْثَالَهُمْ تَبْدِيلًا

Kami telah menciptakan mereka dan menguatkan persendian tubuh mereka, apabila Kami menghendaki, Kami sungguh-sungguh mengganti (mereka) dengan orang-orang yang serupa dengan mereka. (QS.al-Insan:28)

6. Peringatan atau nasihat itu sangat penting bagi orang-orang mukmin dan orang yang sedang berjalan di jalan Allah.

إِنَّ هَٰذِهِ تَذْكِرَةٌ ۖ فَمَنْ شَاءَ اتَّخَذَ إِلَىٰ رَبِّهِ سَبِيلًا

Sesungguhnya (ayat-ayat) ini adalah suatu peringatan, maka barangsiapa menghendaki (kebaikan bagi dirinya) niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (QS.al-Insan:29)

7. Segala sesuatu berada di tangan-Nya. Dia lah yang mengasihi orang-orang mukmin dan mendatangkan siksaan bagi orang-orang dzalim. Dia lah yang paling berhak disembah dan dipatuhi.

يُدْخِلُ مَنْ يَشَاءُ فِي رَحْمَتِهِ ۚ وَالظَّالِمِينَ أَعَدَّ لَهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا

Dan memasukkan siapa yang dikehendaki-Nya ke dalam rahmat-Nya (surga). Dan bagi orang-orang zalim disediakan-Nya azab yang pedih. (QS.al-Insan:31)

Itulah beberapa pelajaran dari Surat al-Insan khususnya untuk menguatkan dan memberi energi baru bagi para pendakwah di jalan kebenaran.

Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 210 pelanggan lain