Tasbih Mengobati Hatimu dari Semua Luka dan Kepedihan !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tasbih Mengobati Hatimu dari Semua Luka dan Kepedihan !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman :

فَٱصۡبِرۡ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ قَبۡلَ طُلُوعِ ٱلشَّمۡسِ وَقَبۡلَ غُرُوبِهَاۖ وَمِنۡ ءَانَآيِٕ ٱلَّيۡلِ فَسَبِّحۡ وَأَطۡرَافَ ٱلنَّهَارِ لَعَلَّكَ تَرۡضَىٰ

“Maka sabarlah engkau (Muhammad) atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum matahari terbit, dan sebelum terbenam; dan bertasbihlah (pula) pada waktu tengah malam dan di ujung siang hari, agar engkau merasa tenang.” (QS.Tha-Ha:130)

Ayat ini adalah salah satu ayat dari sekian banyak ayat yang berbicara tentang kesabaran dalam dakwah menuju Allah swt.

Dan yang menarik, kesabaran dalam ayat ini digandengkan dengan anjuran untuk selalu bertasbih. Tujuannya adalah meraih kerelaan Allah di akhirat dan memperoleh ketenangan hati di dunia.

Ayat ini seakan memberikan kunci bahwa apabila kita ingin mampu bersabar untuk menghadapi segala rintangan di dunia, maka kunci utamanya adalah sering bertasbih dan mengingat Allah swt.

Perhatikan ayat ini di mulai dengan kalimat :

وَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ

“Dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu..”

Kemudian di akhiri dengan :

لَعَلَّكَ تَرۡضَىٰ

“Agar engkau merasa tenang.”

Tasbih adalah obat yang menyembuhkan luka pada hati orang-orang yang berjuang dalam dakwah. Luka yang membuat hati mereka sesak dan pedih. Luka yang timbul dari gangguan dan cacian orang-orang yang selalu merintangi jalan dakwah.

Tasbih menjadikan hati kita menjadi dingin dan tentram dalam menghadapi semua masalah hidup, karena sebesar apapun masalahnya kita selalu bersandar, mengingat dan memuji Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Dalam ayat lain Allah swt berfirman :

وَلَقَدۡ نَعۡلَمُ أَنَّكَ يَضِيقُ صَدۡرُكَ بِمَا يَقُولُونَ – فَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ وَكُن مِّنَ ٱلسَّٰجِدِينَ

“Dan sungguh, Kami mengetahui bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah engkau di antara orang yang bersujud (shalat). (QS.Al-Hijr:97-98)

Tasbih adalah obat terampuh yang menyembuhkan berbagai kepedihan dalam hati kita. Dunia adalah ruang ujian yang tak berujung, selama kita masih hidup di dalamnya maka pasti kita sedang di uji oleh Allah swt

Dalam ujian itu kita sering mendapat kepedihan dan luka di hati kita. Maka barangsiapa yang memperbanyak tasbih akan meraih Kerelaan Allah dan mendapatkan ketentraman di jiwanya. Karena tasbih adalah bagian dari dzikir, dan orang yang selalu berdzikir dijanjikan oleh Allah untuk mendapatkan ketenangan dalam hidupnya.

أَلَا بِذِكۡرِ ٱللَّهِ تَطۡمَئِنُّ ٱلۡقُلُوبُ

“Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (QS.Ar-Ra’d:28)

Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 209 pelanggan lain