Taufik dari Allah Adalah Nikmat Yang Agung

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Taufik dari Allah Adalah Nikmat Yang Agung

khazanahalquran.com – Seorang hamba mukmin dalam setiap lika-liku kehidupannya selalu butuh kepada bantuan dan bimbingan Allah swt.

Taufik serta bimbingan dari Allah untuk seorang hamba adalah faktor terpenting yang akan menyelamatkan manusia dari kehancuran. Karena arti “Taufik” yang sebenarnya adalah sebuah anugerah yang diberikan Allah kepada seorang hamba berupa bantuan, kekuatan, kemantapan hati dan kemudahan dalam setiap urusan.

Taufik hanya ada di tangan Allah dan tidak dimiliki oleh selain-Nya. Dan bentuk taufik yang paling agung yang diberikan Allah kepada hamba-Nya adalah taufik untuk menuju kebenaran dan menerimanya secara total. Dan juga taufik untuk menuju kebaikan dan menjalankan kebaikan tersebut dengan maksimal. Itulah termasuk nikmat terbesar yang Allah berikan pada orang-orang yang ikhlas.

وَمَا تَوۡفِيقِيٓ إِلَّا بِٱللَّهِۚ عَلَيۡهِ تَوَكَّلۡتُ وَإِلَيۡهِ أُنِيبُ

“Dan petunjuk yang aku ikuti hanya dari Allah. Kepada-Nya aku bertawakal dan kepada-Nya (pula) aku kembali.” (QS.Hud:88)

Allah Swt memberikan taufik kepada siapapun yang Dia Kehendaki dan menahan taufik itu dari siapapun yang Dia Kehendaki.

Masuknya seseorang ke dalam surga adalah disebabkan oleh amal kebaikannya dan amal itu tidak akan terwujud tanpa ada taufik yang diberikan oleh Allah kedalam hatinya untuk menjalankan kebaikan dan ikhlas dalam melakukannya. Dan semua amal itu tak akan cukup apabila tidak didorong oleh besarnya rahmat dan kasih sayang Allah kepada hamba-Nya.

Rasulullah Saw bersabda :
“Jika Allah ingin kebaikan bagi seorang hamba maka Allah akan mempergunakannya.”

Para sahabat bertanya, “Ya, Rasulullah, bagaimana Allah mempergunakannya?”

Rasul Saw menjawab, “Yaitu dengan memberikan taufik kepadanya untuk berbuat kebaikan sebelum kematian datang, kemudian Allah mengambil nyawanya disaat ia melakukan kebaikan tersebut.”

Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 208 pelanggan lain