Tujuan Besar Dibalik Banyaknya Kisah dalam Al-Qur’an

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tujuan Besar Dibalik Banyaknya Kisah dalam Al-Qur’an

khzanahalquran.com – Al-Qur’an bukanlah buku cerita tapi didalamnya memuat banyak cerita. Pernahkah kita bertanya apa tujuan besar dibalik kisah-kisah yang diabadikan didalam Al-Qur’an.

Ada beberapa tujuan yang bisa kita ambil :

(1) Mengukuhkan kenabian Nabi Muhammad saw.

Nabi Muhammad saw menghabiskan banyak waktunya di Mekah. Beliau tidak keluar kecuali bepergian yang bersifat sebentar saja.

Namun yang menarik, seorang yang tidak pernah belajar dan tidak pernah “pergi kemana-mana” ini kemudian datang dengan membawa kisah-kisah umat terdahulu secara terperinci. Beliau menyampaikan kisah para Nabi secara detail sehingga tidak ada seorang pun yang bisa mengingkari.

Allah swt berfirman,

وَمَا كُنْتَ بِجَانِبِ الْغَرْبِيِّ إِذْ قَضَيْنَا إِلَىٰ مُوسَى الْأَمْرَ وَمَا كُنْتَ مِنَ الشَّاهِدِينَ

Dan engkau (Muhammad) tidak berada di sebelah barat (lembah suci Tuwa) ketika Kami menyampaikan perintah kepada Musa, dan engkau tidak (pula) termasuk orang-orang yang menyaksikan (kejadian itu).

وَلَٰكِنَّا أَنْشَأْنَا قُرُونًا فَتَطَاوَلَ عَلَيْهِمُ الْعُمُرُ ۚ وَمَا كُنْتَ ثَاوِيًا فِي أَهْلِ مَدْيَنَ تَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِنَا وَلَٰكِنَّا كُنَّا مُرْسِلِينَ

Tetapi Kami telah menciptakan beberapa umat, dan telah berlalu atas mereka masa yang panjang, dan engkau (Muhammad) tidak tinggal bersama-sama penduduk Madyan dengan membacakan ayat-ayat Kami kepada mereka, tetapi Kami telah mengutus rasul-rasul.

وَمَا كُنْتَ بِجَانِبِ الطُّورِ إِذْ نَادَيْنَا وَلَٰكِنْ رَحْمَةً مِنْ رَبِّكَ لِتُنْذِرَ قَوْمًا مَا أَتَاهُمْ مِنْ نَذِيرٍ مِنْ قَبْلِكَ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ

Dan engkau (Muhammad) tidak berada di dekat Tur (gunung) ketika Kami menyeru (Musa), tetapi (Kami utus engkau) sebagai rahmat dari Tuhanmu, agar engkau memberi peringatan kepada kaum (Quraisy) yang tidak didatangi oleh pemberi peringatan sebelum engkau agar mereka mendapat pelajaran. (QS.Al-Qashash44-46)

(2) Kisah-kisah umat terdahulu dalam Al-Qur’an membuktikan bahwa agama yang dibawa oleh para Nabi adalah agama yang satu. Dan Islam datang sebagai penyempurna ajaran-ajaran sebelumnya.

Semua agama samawi berasal dari sumber yang satu dan tidak ada perbedaan antara seorang nabi dengan nabi lainnya.

Agama itu hanyalah satu, sumbernya satu, tujuannya satu yaitu menyeru manusia untuk menyembah Allah Yang Maha Esa.

(3) Meneguhkan Hati Rasulullah saw dan Kaum Mukminin.

Rasulullah saw dan para pengikutnya mengalami berbagai rintangan dan kesulitan yang amat dahsyat dalam perjalan dakwah Islam. Maka Allah swt ingin menguatkan dan mengobati hati Rasulullah saw dan mengokohkan hati para pengikut beliau salah satunya dengan menceritakan kisah umat terdahulu.

وَكُلًّا نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِ فُؤَادَكَ ۚ وَجَاءَكَ فِي هَٰذِهِ الْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَذِكْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ

“Dan semua kisah rasul-rasul, Kami ceritakan kepadamu (Muhammad), agar dengan kisah itu Kami teguhkan hatimu; dan di dalamnya telah diberikan kepadamu (segala) kebenaran, nasihat dan peringatan bagi orang yang beriman.” (QS.Hud:120)

(4) Memberi Kabar Gembira dan Peringatan.

Allah swt telah memberi kabar gembira untuk orang-orang yang taat berupa rahmat, ampunan dan surga-Nya. Dan memperingatkan manusia yang menentang-Nya dengan adzab yang pedih.

Dan demi menguatkan hal ini, Allah swt memberi contoh secara langsung yaitu umat-umat terdahulu yang telah mendapat kenikmatan maupun siksaan nyata dari Allah swt.

(5) Menjelaskan agungnya anugerah dan kenikmatan Allah kepada para Nabi.

Begitu besarnya kemuliaan dan kenikmatan yang diberikan Allah swt kepada para Nabi adalah penegasan bahwa semua itu diraih karena kedekatan dan hubungan mereka dengan Allah swt. Karenanya kisah-kisah mereka disebutkan agar kita terpancing untuk semakin mendekat dan memperbaiki hubungan kita dengan Allah swt.

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 209 pelanggan lain