Warna Kehidupanmu Ditentukan Oleh Pola Pikirmu !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Warna Kehidupanmu Ditentukan Oleh Pola Pikirmu !

khazanahalquran.com – Disaat seseorang memiliki pola pikir yang baik dan prasangka yang baik, maka kehidupannya pun akan ikut menjadi indah.

Namun apabila pemikirannya dipenuhi dengan kebencian, kedengkian, kebohongan dan buruk sangka maka kehidupannya tak jauh dari kata gelisah dan sengsara.

Al-Qur’an memberi contoh dua macam manusia yang dipengaruhi oleh pola pikirnya ketika berinfak.

Tipe pertama merasa rugi dan menyesal setelah bersedekah untuk orang lain. Bahkan ia berharap orang yang diberi ini akan mendapatkan musibah dan bencana.

Tipe kedua adalah orang yang berinfak dengan hati yang gembira. Berharap balasan dan keridhoan Allah swt. Berharap mendapatkan doa dari Rasulullah saw dan bisa meraih surga yang dijanjikan Allah swt.

Keduanya sama-sama berinfak tapi pola pikir mereka memberikan pengaruh yang berbeda.

Tipe Pertama

وَمِنَ ٱلۡأَعۡرَابِ مَن يَتَّخِذُ مَا يُنفِقُ مَغۡرَمٗا وَيَتَرَبَّصُ بِكُمُ ٱلدَّوَآئِرَۚ عَلَيۡهِمۡ دَآئِرَةُ ٱلسَّوۡءِۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٞ

“Dan di antara orang-orang Arab Badui itu ada yang memandang apa yang diinfakkannya (di jalan Allah) sebagai suatu kerugian; dia menanti-nanti marabahaya menimpamu, merekalah yang akan ditimpa marabahaya. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS.At-Taubah:98)

Tipe Kedua

وَمِنَ ٱلۡأَعۡرَابِ مَن يُؤۡمِنُ بِٱللَّهِ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأٓخِرِ وَيَتَّخِذُ مَا يُنفِقُ قُرُبَٰتٍ عِندَ ٱللَّهِ وَصَلَوَٰتِ ٱلرَّسُولِۚ أَلَآ إِنَّهَا قُرۡبَةٞ لَّهُمۡۚ سَيُدۡخِلُهُمُ ٱللَّهُ فِي رَحۡمَتِهِۦٓۚ إِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٞ رَّحِيمٞ

“Dan di antara orang-orang Arab Badui itu ada yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, dan memandang apa yang diinfakkannya (di jalan Allah) sebagai jalan mendekatkan kepada Allah dan sebagai jalan untuk (memperoleh) doa Rasul. Ketahuilah, sesungguhnya infak itu suatu jalan bagi mereka untuk mendekatkan diri (kepada Allah). Kelak Allah akan memasukkan mereka ke dalam rahmat (surga)-Nya; sesungguhnya Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS.At-Taubah:99)

Dan begitulah seterusnya, perjalanan hidup manusia selalu diwarnai oleh pola pikirnya.

Bila pikiran kita selalu memikirkan hal-hal yang negatif maka hati kita akan dipenuhi kegelisahan dan pesimis. Namun apabipla pola pikir kita selalu positif dan prasangka kita selalu baik maka hati kita akan tentram dan bahagia.

Buang semua pola pikir negatif dari diri kita. Buang semua prasangka buruk. Dan nikmati kehidupan yang indah dengan pola pikir yang indah !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 209 pelanggan lain